PHONE : 0822-4374-9774 / FAX : kliknasmoco kliknasmoco@gmail.com WORKS : SEN 08.00 - 17.00 WIB :
TIPS TOYOTA UNTUK MENJAGA AC MOBIL TETAP DINGIN

TIPS TOYOTA UNTUK MENJAGA AC MOBIL TETAP DINGIN

Salah satu bagian mobil yang sering diabaikan perawatannya adalah AC. Mungkin banyak diantara para pemilik mobil yang kurang memahami bagaimana cara merawat AC sehingga mereka lebih memilih untuk melakukan perawatan AC ke bengkel mobil. Namun, tidak ada ruginya kalau kita melakukan perawatan AC sendiri.Ada tips dan cara yang lebih mudah sehingga anda bisa melakukan perawatan tersebut di rumah tanpa perlu pergi ke bengkel. Tetapi, jika AC mobil anda mengalami kerusakan dan membutuhkan perawatan yang lebih serius, nah baru bawa mobil anda ke bengkel.

Berikut ini adalah beberapa langkah dan cara merawat AC mobil secara sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.Pertama, hindari merokok di dalam mobil dengan AC yang sedang menyala. Hal ini bertujuan untuk menjaga mobil anda bebas dari debu. Jangan lupa pula untuk membersihkan filter AC mobil anda secara rutin. Biasanya debu yang ada pada filter AC mobil inilah yang menyebabkan AC mobil rusak. Bagi mobil keluaran tahun 2012 ke atas, biasanya sudah dilengkapi dengan filter kabin. Kalau sudah ada filter kabin, anda bisa membersihkannya secara rutin setiap tiga bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari tumpukan debu yang terlalu tinggi.

Sedangkan untuk mobil keluaran tahun 2012 ke bawah atau belum ada filter kabin, sebaiknya perawatan AC mobil dilakukan setiap anda telah mencapai 60.000 km.Untuk mobil keluaran terbaru saat ini, bagian motor fan akan sering mengalami masalah karena memang sedikit ringkih jadi sebaiknya juga dibersihkan setiap tiga bulan sekali untuk menjaganya agar tetap berfungsi secara baik dan maksimal. Untuk mobil baru, yang perlu diperiksa hanyalah filter AC nya saja namun periksalah dengan rutin agar tidak terjadi masalah yang berarti. Sebaiknya mengecek atau membersihkan filter AC dilakukan ketika sedang memanaskan mesin mobil. Hal ini bertujuan kalau motor fan bermasalah, mobil bisa menjadi overheat dan menyebabkan mogok di jalan.

Simple dan mudah bukan perawatannya?Ada beberapa beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC mobil kurang dingin. Tidak hanya dari sisi teknis, tetapi kebiasaan pengemudi dan penumpang bisa menjadi penyebab kabin mobil tidak terasa dingin saat AC dinyalakan.Marketing Manager Kalla Toyota, Aswan Amiruddin mengatakan ada beberapa cara merawat AC mobil agar awet dan tetap dingin.  Yang pertama, menjaga tekanan di pendingin AC dengan cara menjalankan AC ke posisi paling dingin dan kecepatan fan paling kencang.”Lakukan minimal sebulan sekali selama 10 menit. Hal ini bisa mencegah selang-selang mengeras dan sil menjadi rusak,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (26/1).

Selain itu juga menjaga kebersihan mobil agar kualitas AC tetap dingin, sebab kabin yang jarang dibersihkan membuat debu dan kotoran lainnya menumpuk pada permukaan ventilasi AC, sehingga tidak berfungsi optimal dan udara yang dihasilkan kurang dingin.Selanjutnya ketiga, hindari kebiasaan merokok saat AC berfungsi karena asap dari rokok yang dinyalakan akan terhisap ke dalam blower dan menempel pada evaporator, sehingga bisa kotor dan dapat menganggu kinerja AC.”Keempat, jangan taruh pengharum mobil dekat AC. Zat kimia yang terkandung dalam pengharum bisa mengendap dan menjadi sarang debu atau jamur dalam evaporator. Kandungan kimia yang tinggi berpotensi membuat AC mengembuskan bau tidak sedap dalam jangka panjang,” ujarnya.Kelima, lanjut dia, ketika sedang berpergian di area pegunungan, terkadang kaca jendela mobil dibuka untuk merasakan segarnya udara.

Namun jangan pernah menyalakan AC saat membuka jendela mobil.Saat anda akan mengemudi mobil di teriknya panas matahari sekarang ini bisa saja dipastikan akan lebih banyak membutuhkan AC yang dingin supaya bisa membantu untuk pendinginan yang ada di dalam kabin. Jika AC mobil tidak ada dan tidak berfungsi pada musim yang sekarang ini entah bagaimana nasib anda?Bagaimanakah cara yang bisa dilakukan untuk bisa selalu menjaga AC mobil supaya bisa selalu tetap prima dan dingin saat anda akan mengendarai mobil? Memang sebenarnya tidaklah sulit supaya bisa membuat AC mobil selalu terlihat tetap dingin dalam segala cuaca, karena yang pasti adalah perawatan harus bisa selalu dilakukan. Bila mobil anda setiap hari dipakai maka yang terjadi bisa saja lebih dari cepat dari 6 bulan bila saat itu rute yang dilalui jalannya berdebu seperti saat melewati kawasan proyek ataupun pabrik, sudah pastinya bisa cepat kotor filter dan juga evaporatornya.

Dengan dilakukannya menyervis rutin ini, AC bisa tetap dingin dan bisa saja dipastikan untuk seluruh adanya piranti AC mobil mulai dari adanya kompresor, evaporator, tabung dryer dan juga yang lain akan bisa tetap lebih awet dan bisa selalu terjaga kondisi nya. Bila ada kerusakan maka bisa saja lebih cepat terdeteksi jika sebelum kerusakan itu parah.Selain dilakukannya penyervisan secara rutin maka ada hal yang bisa anda lakukan sendiri dan bisa dipastikan untuk menjaga AC supaya tetap dingin maka yang dilakukan adalah selalu rajinnya anda untuk membersihkan karpet mobil, karena awalnya kotoran karpet bisa membuat keadaan AC menjadi kotor sehingga bisa menimbulkan masalah yaitu kurang dinginnya karena adanya kotoran dari karpet tersebut.

Memang bukan hanya karpet saja, tetapi dengan keadaan kabin yang bersih juga akan bisa membuat AC akan terasa lebih cepat untuk dingin bila dibandingkan dengan kabin yang kotor dan juga penuh banyak barang yang tidak juga cukup berguna. Selain dari adanya itu, anda harus bisa mengusahakan janganlah anda menjemur mobil didalam tempat yang terbuka yang biasanya langsung terkena paparan sinar matahari. Jika hal itu terpaksa terjadi maka bukalah sedikit kaca mobil anda sekitar setengah saja supaya hawa panas tidak menjadi terkurung di dalam kabin.Komponen interior mobil yang berfungsi sebagai menetralisir udara di dalam kabin mobil ini memiliki peranan penting bagi sebagian masyarakat.

Karena menyalakan AC pada mobil saat berkendara sudah menjadi kebiasaan. Anda tentunya tidak ingin merasa kegerahan saat berkendara didalam mobil. AC sangat mudah untuk digunakan, anda mungkin tidak sadar bahwa anda telah menggunakan AC mobil dengan tidak tepat. Yang perlu anda lakukan adalah menekan tombol dan mengatur suhu AC. Setelah itu Anda tinggal menikmati sejuknya udara didalam mobil. Akan tetapi, penggunaan AC yang berlebihan akan menguras banyak energi mobil.Di dalam AC mobil pun juga terdapat berbagai komponen yang mendukung performa suhu AC tetap prima, yakni freon ac, kondensor ac, dan masih banyak lagi.

Jangan biarkan AC menyala terus

Penggunaan AC yang baik saat anda melakukan perjalanan jauh adalah dengan tidak membiarkannya menyala terus. Ada baiknya jika anda memberikan waktu untuk istirahat AC mobil anda dalam beberapa waktu, jika anda terasa panas anda bisa menyalakannya lagi dan begitu seterusnya.Hal lainnya yang perlu anda perhatikan adalah tidak menggunakan AC secara berlebihan. Meskipun suhu udara diluar sangat panas, selalu usahakan untuk menyalakan AC pada suhu yang normal. Tubuh anda mungkin tidak akan terbiasa dengan perubahan suhu didalam dan diluar mobil yang terlalu ekstrim.

Namun pasalnya sangat sering terjadi kerusakan AC mobil yang kebanyakan masyarakat tidak tau sumbernya dari mana. Lantas bagaimana cara merawat AC mobil kesayangan kita agar performanya meningkat dan tetap tahan lama? Berikut tipsnya :

Yang pertama, anda harus rutin merawat kabin mobil anda. Jika kabin mobil anda dalam keadaan bersih maka tidak akan ada debu atau kotoran – kotoran yang akan menempel di permukaan AC sehingga AC akan lebih awet.Yang kedua, peletakan pengharum mobil di dekat AC juga sangat berpengaruh ke keawetan AC. Pasalnya bahan dari pengharum mobil tersebut mengandung banyak minyak yang semakin lama akan mengendap dan akan meninggalkan bakteri dan jamur sehingga jika anda menggunakan kadar kandungan alc yang tinggi hal tersebut akan mengakibatkan AC berbau asam. Yang ketiga, Pemilihan tempat yang sejuk untuk parkir mobil anda.

Dengan menghindari panas terik matahari secara langsung saat parkir hal tersebut juga akan mengurangi beban kerja AC saat di nyalakan.Yang ke empat, saat anda menyalakan AC mobil ada baiknya jika anda menutup jendela mobil anda. Hal ini di lakukan karena kotoran atau debu saat jendela mobil terbuka akan masuk dan nantinya akan mengotori kabin. Dan tak hanya itu, lambat laun jika hal itu jika terus terjadi maka AC mobil anda tidak terasa dingin dan dapat berdampak buruk untuk kedepannya.Yang ke lima, Matikan AC mobil sebelum mesin mobil. Hal ini di lakukan untuk meminimalisir kerusakan di dalam AC mobil kita, karena jika kita lupa mematikan AC mobil hingga saat kita akan menghidupkan kembali mesin mobil kita maka nantinya akan ada hentakan yang besar di bagian kopling, sehingga berpengaruh pada ke tahanan AC kendaraan anda.

Yang ke enam, lakukan servis yang teratur pada AC mobil anda. Dengan melakukan perawatan secara berkala hal tersebut akan menjadikan AC mobil anda awet. Perawatan secara berkala juga ada tahapannya yakni :Di setiap 6 bulan atau 10.000 km maka anda harus mengganti filter kabin mobil anda, Di setiap 1 tahun lakukan service ringan yakni dengan melakukan servis blower dan kondesor dan mengganti filter dryer, Selain itu di setiap 2 tahun harus melakukan servis besar yakni servis evaporatot, blower, kondensor serta mengganti dryer dan filter kabin dan otomatis melakukan vaccun di tambah oli mobil serta pengisian kembali freon.Yang ke tujuh, jangan menyalakan AC setelah mobil jalan. Hal ini di hindari karena tingkat RPM (Rotation Per Minute) yang ada di mesin mobil anda mengalami perputaran yang tinggi saat melaju dengan posisi menginjak pedal gas.

Hal tersebut dapat mengakibatkan AC tidak lagi dingin serta adanya suara berisik saat AC mobil di hidupkan.Nah dari yang ada beberapa tips agar AC mobil anda akan menjadi awet serta tahan lama yang bisa anda terapkan di dalam mobil kesayangan anda. Selamat mencoba. Jika anda sudah tahu tentang bagaimana cara membuat AC mobil Anda tetap dingin? Jangan sampai lupa untuk melakukan servis dengan rutin dan juga tetap perhatikan kebersihan kabin mobil.

sumber :
https://promotoyotaserang.id/artikel-mobil-toyota-read/Tips-Toyota-Untuk-Menjaga-AC-Mobil-Tetap-Dingin.html

Stay Connected

Klik Nasmoco

Ingin mempunyai mobil impian ???
Proses Cepat, Mudah, dan dijamin Acc 100%
Hubungi Sales Eksekutif
Danny Toyota Nasmoco Semarang

 

KONTAK

 0822-4374-9774 Telepon/SMS kliknasmoco.comWebsite

Contact Email
kliknasmoco@gmail.com

  Whatsapp
0822-4374-9774

KUNJUNGI KAMI DI MAPS

DANNY SALES EKSEKUTIF